Friday, May 29, 2015

JEMBATAN BARELANG


SEJARAH JEMBATAN BARELANG

Sejarah jembatan barelang yang merupakan salah satu ide orang cerdas di indonesia yaitu BJ Habiebie yang merupakan ketua otorita batam pada masa itu. jembatan yang di bangun dengan dana lebih dari Rp 400 miliar tersebut bertujuan untuk memudahkan akses dari pulau batam ke pulau yang ada di sekitarnya karena di perkirakan batam akan tumbuh menjadi kota yang sesak oleh kegiatan industri seperti layaknya singapore.Nama barelang sendiri merupakan singkatan dari 3 pulau besar yang berhasil dihubungkan oleh jembatan jembatan ini yaitu batam-rempang-galang.

Sejarah mengenai jembatan barelang telah di pelajari di sekolah dasar yang berada di kota batam pada umumnya,dan sekolah sekolah favorit di batam sehingga setiap anak anak di kota batam dapat mengenal dan menjaga barelang sebagaimana mestinya.jembatan barelang memeiliki nama yang berbeda dari setiap jembatan tersebut,berikut adalah nama nama jembatan barelang.Nama jembatan barelang pertama adalahTengku Fisabilillah. Jembatan bertipe cable stayed bridge itu paling banyak dikunjungi wisatawan local maupun asing.Nama jembatan barelang kedua adalah II atau Nara Singa II yang menghubungkan Pulau Tonton dengan Pulau Nipah,Nama jembatan barelang ketiga adalah  jembatan Raja Ali Haji menghubungkan Pulau Nipah dan Pulau Setokok.Kemudian Nama jembatan barelang keempat adalah  jembatan Sultan Zainal Abidin menghubungkan Pulau Setokok dengna Pulau Rempang,Nama jembatan barelang kelima adalah jembatan Tuanku Tambusai menghubungkan Pulau Rempang dan Galang dan Nama jembatan barelang terakhir adalah jembatan VI atau jembatan Raja Kecil menghubungkan Pulau Galang dan Galang Baru.

 Jembatan barelang batam tersebut menjadi penghubung diantara 6 pulau yang ada di sekitar batam .Rempang yang luas lahannya sekitar 16.583 hektar bakal di tata sedemikian rupa dengan pembagian sekitar 217 hektar disiapkan untuk kawasan industri, permukiman 656.59 hektar, pariwisata seluas 447,14 hektar, fasilitas umum 127,82 hektar, jasa 181,04 hektar dan pertanian 1.198,57 hektar.Begitu juga dengan kawasan Galang.jika anda membaca sejarah barelang betapa detail dan rinci hal di lakukan oleh Bpk BJ habiebie untuk mendesain kota batam layaknya negara singapore yang telah menjadi negara industri yang maju.

Sejarah jembatan barelang sekarang telah menjadi pelajaran tambahan di salah satu mata pelajaran sekolah dasar yang kalau tidak salah nama pelajarannya adalah arab melayu.pada saat ini jembatan barelang sendiri menjadi icon kota batam dan menjadi salah satu tempat wisata di batam  yang banyak di kunjungi.tapi sebenarnya bukan hanya jembatan barelang yang menarik tapi masih banyak lagi tempat wisata menarik lainnya yang ada di kota batam,atau mungkin anda senagng mencari sejarah masjid raya batam yang merupakan salah satu tempat religi terbesar untuk umat muslim di batam.

No comments:

Post a Comment

BELAJAR BERKARYA ©2010 Blog Designed by Jls Solin

All Images Froom JlsSolinmikemana Anakpemulung Gelandangpengagguran YangGilatidakwarastidak